Monday, April 22, 2013

Install .Net Framework 3.5 Offline


Ketika menggunakan Windows 7, .Net Framework 3.5 secara otomatis terinstall bersamaan dengan instalasi Windows 7. Namun tidak demikian di Windows 8. Dalam Windows 8 akan secara otomatis terinstall .Net Framework 4.5 yang terbaru, namun tidak menyertakan .Net Framework 2.0 dan 3.0 dan 3.5. Padahal dalam source windows setup, file tersebut ada, tetapi tidak dipasang.

Oleh karena itu ketika kita menjalankan program yang memerlukan .Net Framework 3.5 akan muncul popup yang meminta untuk menginstall .Net Framework 3.5. Akan tetapi apabila kita memilih untuk install, maka harus terhubung ke internet dan akan download fila instalasi sekitar 231MB. Sayang banget kan kuota abis gara2 download file yang sebenernya sudah ada.

Seperti yang saya tulis di atas, file tersebut ada di windows setup. Jadi bagi yang sayang kuota internet habis atau yang koneksinya unlimited tapi lambat bisa menggunakan cara ini tanpa perlu koneksi internet untuk bisa menginstall .Net Framework 3.5.

Step by step:
  • Masukkan CD installer Windows 8; atau mount file iso dengan cara double klik saja; atau masukkan USB installer. Terserah pake cara yang mana.
  • Jalan kan Command Prompt sebagai administrator.
  • Copy perintah di bawah ini:
Dism /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /All /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess
  • Ganti F dengan drive letter Windows 8 installer. Setelah perintah dijalankan, akan keluar seperti ini
  • Tunggu hingga selesai dan akan ada pertanyaan untuk restart. Ketik Y.
Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment

 

Fadel's Virtual Life